Friday, October 5, 2012

Resep Banana Cake

MUMPUNG di rumah lagi ada pisang (entah pisang apa namanya), dan sekalian buat ngisi piring punya tetangga untuk dikembalikan, saya nyoba resep banana cake yang ada di majalah Femina Edisi Tahunan 2010. Berhubung ini eksperimen pertama, saya membuat setengah resep saja.

Walau bermodalkan timbangan yang udah agak kurang akurat plus intuisi yang masih belum paham dengan seluk-beluk per-oven-an, saya merasa banana cake buatan saya ini terbilang sukses. Rasa pisang di kuenya dapet banget. Moist-nya juga. You should try the recipe, really :)

Banana Cake
(Femina Edisi Tahunan 2010)

Bahan:
  • 250 gr mentega tawar
  • 250 gr gula pasir berbutir halus
  • 5 butir telur ayam
  • 250 gr tepung terigu serbaguna
  • 1 sdt baking powder

Haluskan hingga rata:
  • 350 gr pisang ambon, kupas, ambil daging buahnya
  • 50 ml susu cair

Taburan:
  • 1/2 sdt icing sugar

Cara Membuat:
  1. Kocok mentega dan gula hingga putih dan lembut.
  2. Masukkan telur satu per satu sambil kocok terus hingga tercampur rata.
  3. Tambahkan pisang halus.
  4. Masukkan terigu sedikit demi sedikit bergantian dengan baking powder sambil kocok perlahan hingga rata.
  5. Tuang ke dalam loyang ukuran 11 x 30 x 7 cm yang sudah dialasi kertas roti beroles margarin dan ditaburi terigu. Ratakan.
  6. Panggang dalam oven panas suhu 180 derajat celcius selama 45 menit hingga matang. Angkat. Dinginkan.
  7. Keluarkan dari cetakan, taburi icing sugar, potong-potong, sajikan.

15 comments:

  1. wah saya gabisa masak, tapi kalo dikirim kerumah bisa kali ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bandung jauh, Kang. Bumi Abdi mah di Pontianak :)

      Delete
  2. Berkunjung nih mba,aku suka banget postingan yang begini mba..soalnya saya cuka ngemil sih..hahahayyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih udah berkunjung, ya :) Saya juga paling suka ngemil (walau gak bisa gemuk-gemuk meskipun udah ngemil tiap hari) :)

      Delete
  3. Kue kue keren seperti paling asyik icip icip di sore hari santai. Dimakan tidak dimaksud untuk kenyang, tapi cemilan ringan sambil "kencan" dengan buku bagus di perpustakaan pribadi di rumah. Oala keren keren keren. Seru seru seru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, Kang. Apalagi kalo kuenya juga masih agak hangat setelah dikeluarkan dari oven. Haduuuh... romantis banget itu baca buku sambil ngemil kue yang anget-anget :)

      Delete
  4. Bananna cake *laziz* :D,, kalo dirumah ane sering di bikin nagesari.. hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, saya pengen banget bisa bikin nagasari, tapi males nyari daun pisangnya :)

      Delete
  5. bagaimana cara Haluskan hingga rata 50 ml susu cair ?
    (bercanda :D)

    saya kurang pandai untuk membuat kue, hanya kue yang sederhana seperti ubi goreng dan bakwan :(

    salam persahabatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam persahabatan juga :)

      Itu yang dihaluskan pisang PLUS susu cairnya, lho :)

      Cuma bisa bikin ubi goreng + bakwan, tapi kalau rasanya enak buat diri sendiri, pasti memuaskan, dong :)

      Delete
  6. Aku suka banana ... apalagi kalau ada tuangan coklat ...
    Hehehehe

    Kunjungan tengah malam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah tambah menu fave lagi nih A.Y.Indrayana. Selain Milkshake tentunya hihiihihihiie

      Delete
    2. Idem, idem :)

      Pisang itu sama cokelat cocok, sama keju cocok, ... flexible, deh :)

      Delete
  7. perdana main keisni..tp lansung seneng aja deh :D .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Tia :) Semoga betah, ya :)

      Delete